Saat ini mendekorasi dinding tidak hanya terpaku menggunakan cat saja namun bisa menggunakan wallpaper dinding. Dibandingkan dengan cat tembok, wallpaper dinding lebih banyak memiliki motif corak dan warna yang beragam. Dari segi harga, dekorasi dinding menggunakan wallpaper tidaklah berbeda jauh dibandingkan cat tembok tapi kesan yang ditampilkan wallpaper lebih elegan mewah dan berkelas.

BACA: Hemat Mana Menggunakan Wallpaper Dinding atau Cat Tembok Untuk Desain Interior

Sebelum membeli wallpaper dinding, anda sebaiknya tahu bahan material wallpaper yang akan anda beli.  Berdasarkan bahannya, wallpaper dinding bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu wallpaper kertas dan wallpaper vinyl. Untuk membedakannya cukup mudah. Jika dilihat permukaannya wallpaper kertas biasanya lebih mengkilap dibandingkan wallpaper vinyl. Selain itu wallpaper kertas biasanya lebih mudah sobek jika dibandingkan dengan wallpaper vinyl.

jasa pasang wallpaper dinding vinyl
wallpaper dinding bahan vinyl

Perawatan wallpaper dinding dari bahan kertas perlu hati hati supaya tidak rusak. Pembersihannya harus menggunakan lap kering. Dan tidak bisa menggunakan lap basah. Sedangkan pada wallpaper vinyl bisa dibersihkan menggunakan lap yang agak basah.  Kelebihan wallpaper kertas adalah lebih ramah lingkungan dibandingkan wallpaper vinyl karena wallpaper kertas bisa didaur ulang kembali sedangkan wallpaper vinyl tidak bisa.

jasa pasang wallpaper dinding kertas
wallpaper dinding kertas

Namun demikian wallpaper vinyl ini bisa digunakan ulang jika anda pindah rumah. Wallpaper bisa anda lepas dan pasang lagi di rumah baru. Karena sifat wallpaper vinyl yang memiliki daya sobek kuat maka ketika melepasnya pun dari dinding lama tidak akan mudah robek seperti halnya wallpaper dari kertas.

BACA: Cara Merawat Wallpaper  Dinding Supaya Awet

Dipasaran wallpaper dinding biasanya dijual dalam bentuk gulungan dengan lebar 50 dan 93 cm dan panjangnya ada yang 5m, 10m dan 17.5m. Untuk menghitung kebutuhan wallpaper untuk suatu ruangan anda harus mengukur luas ruangan dan luas jendela dan pintu yang ada didalam ruangan .

Kebutuhan wallpaper bisa dihitung dengan rumus Luas dinding ruangan – (luas jendela+luas pintu). Sedangkan berapa banyak wallpaper yang dibutuhkan dihitung dengan rumus Luas dinding murni / luas gulungan (lebar x panjang gulungan). Supaya aman tidak kurang maka Anda bisa menambahkan 10% dari kebutuhan .

Selain mempertimbangkan bahan material wallpaper, anda perlu juga mempertimbangkan wallpaper yang dibeli waterbased atau solvenbased, Pada wallpaper yang water based lebih disarankan digunakan karena lebih ramah lingkungan dan tidak berbau. Sedangkan wallpaper yang solvent based pewarnaannya menggunakan bahan kimia thinner sehingga pada saat dipasang akan menimbulkan bau thinner pada ruangan dan tidak baik untuk kesehatan.  Nah sebelum memutuskan membeli, cobalah kenali dengan mencium gulungan wallpaper. Jika berbau thinner pastikan bahwa wallpaper yang anda beli adalah wallpaper dinding yang bersifat solvent based.

BACA:Tips Memilih Kontraktor Interior Pemasangan Wallpaper Terbaik 

Demikian ulasan pertimbangan dalam memilih wallpaper dinding.  Jika anda membutuhkan konsultasi dan pemasangan wallpaper, Homeinteriorpro siap membantu Anda mewujudkan keinginan Anda dengan banyak tema wallpaper yang bisa dipilih dengan bahan berkualitas dan harga yang terbaik.

Selain pemasangan wallpaper kami juga melayani pemasangan tirai gorden, karpet lantai, vynil floor, wardrobe, vertical blind, plavon pvc dan pembuatan furniture interior untuk rumah tinggal, kantor, apartemen, hotel dan vila.

Lihat portofolio pemasangan wallpaper kami disini

Terimakasih atas kepercayaan Anda menggunakan jasa layanan HomeinteriorPro. Hubungi segera tim marketing kami untuk info pemasangan dan harga terbaik.

Bantu Share ke